Pendidikan
yang memerdekakan adalah Pendidikan yang menciptakan kebahagiaan lahir dan
batin dimana yang dimaksud adalah peserta didik bisa mandiri, bisa berdiri sendiri, tidak
tergantung pada orang lain, menyadari hak dan kewajiban.
Seperti
pada konsep yang dipaparkan oleh KHD, dimana Konsep pendidikan yang
memerdekakan Ki Hadjar Dewantara yang bermakna bahwa pendidikan seharusnya
mengantar anak didik menjadi manusia merdeka, namun tidak mengganggu kemerdekaan
orang lain. Inilah yang oleh Ki Hadjar disebut sebagai manusia merdeka yang
cakap mengatur hidupnya secara tertib.
Dan
konsep KHD sangat selaras dan banyak diterapkan di sekolah sekolah sekarang
ini, melalui praktik baik baik. Kebijakan-kebijakan pendidikan seperti
penentuan kurikulum, akses pendidikan, pendistribusian guru, penentuan anggaran
pendidikan, pelibatan masyarakat dalam pengembangan pendidikan dan sebagainya,
sudah sepatutnya berlandaskan pada visi pendidikan yang memerdekakan, melakukan
pembelajaran sesuai dengan bakat minat anak dan memperhatikan potensi yang
dimiliki.
Pada
proses pembelajaran menerapkan pembelajaran yang memerdekakan tentu ada
pergeseran paradigma bahwa sekolah harus memiliki orientasi pelayanan terhadap
siswa dan guru harus menghamba pada siswa dalam hal pengajaran di kelas,
sehingga tercipta pendidikan dan proses pembelajaran yang memanusiakan manusia
dan terwujudnya merdeka belajar.
Hal
apa yang dapat saya kembangkan untuk bisa menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan
di kelas? Kegiatan kegiatan positif yang berdasarkan bakat minat siswa melalui
ekstrakurikuler, pembelajaran yang berbasis linkungan, pembelajaran yang
menyenangkan melalui ice breaking dan inovasi dalam pembelajaran, pembelajaran
berdiferensiasi.
Siswa
meraih Pendidikan yang memerdekakan melalui Pendidikan dan pengajaran, murid
diberikan kebebasan yang seluas-luasnya sesuai dengan kodrat alam maupun
zamannya, tetapi tetap dengan aturan dan kesadaran selaku murid maupun guru.
Komentar